Get this widget!

Senin, 29 Maret 2010

SE Akuntansi Plus Plus

SE Akuntansi Plus maksudnya kita sangat dianjurkan atau sangat diharapkan atau malah diwajibkan untuk memiliki pengetahuan atau ketrampilan tambahan yang sangat berguna yang mendukung pendidikan kita. Apalagi di era globalisasi, jangan berbangga dahulu sudah menggondol Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi karena dalam dunia kerja diperlukan adanya nilai tambah dan nilai tambah itu adalah ilmu atau skill apa saja yang mendukung pendidikan anda.
Pendidikan Tambahan tersebut meliputi :Pendidikan Profesi Akuntansi atau PPA
PPA ini merupakan pendidikan lanjutan guna mendapatkan pengakuan sebagai akuntan profesional. PPA diselenggarakan selama satu tahun di PTN/PTS yang ditunjuk dan lulusan PPA ini mendapat gelar akuntan register negara no. D sekian. Beberapa PTN/PTS penyelenggara PPA yang dapat saya himpun adalah :
PPA Universitas Indonesia
PPA Universitas Gadjah Mada
PPA Institut Bisnis Indonesia-iBii
PPA Universitas Trisakti
atau kalau begitu sesuailah dengan kantong anda, di tempat lainpun tidak apa-apa.

Kursus Konsultan Pajak
Jasa konsultasi pajak masih sangat dibutuhkan dewasa ini, apalagi jasa di bidang pajak sangat erat kaitannya dengan akuntansi terutama dalam perhitungan pajak. Kemampuan untuk pemberian jasa di bidang pengisian SPT Tahunan dan SPT Masa, baik WP Badan atau Orang Pribadi dapat menjadi andalan anda dalam mendapatkan pekerjaan, ya setidaknya pekerjaan sementara. gitu lo! Beberapa tempat kursus yang dapat anda dituju adalah :
Kursus Konsultan Pajak Bina Artha
Kursus Konsultan Pajak Artha Bakti
tempat kursus yang diatas bukan promosi lho, kalau ada yang lain, ya monggo..

Kursus Pasar Modal
Nah, kursus pasar modal tidak kalah kerennya dengan kursus-kursus diatas. Kemampuan untuk menguasai kegiatan di pasar modal masih sangat diperlukan, apalagi jika anda dapat terlibat secara langsung sebagai investor. Menjadi karyawan di perusahaan sekuritas adalah dambaan banyak para generasi muda, disamping kelihatan keren juga dan dapat membina banyak relasi. Kursus yang relevan untuk diikuti adalah :
Broker Dealer
Fund Manager
Kursus dasar Trading
Nah, anda menemukan yang lain yang lebih berkenan, dipersilahkan.

Kursus Bahasa Inggris
Untuk kita yang lagi ingin mengembangkan diri maka pengetahuan bahasa inggris sangatlah diperlukan. Tetapi fokusnya adalah conversation bukan gramar lagi, karena grammar lehih banyak diperlukan bagi yang lagi ingin melanjutkan pelajaran atau kuliah. Tetapi bukan berarti grammar tidak penting, bagaimana kita bisa conversation kalau pengetahuan grammar masih amburadul. Kursus bahasa inggris yang boleh dipertimbangkan :

Kursus Bahasa Asing
Bahasa asing yang kita butuhkan tidak semua bahasa asing, tetapi yang kita butuhkan adalah bahasa asing yang berkaitan dengan dunia bisnis dan teknologi atau mempunyai akses dengan keduanya. Bahasa asing kedua setelah bahasa inggris adalah bahasa Perancis, Jerman dan China, atau boleh ditambahkan dengan bahasa Spanyol dan belanda. Semakin banyak bahasa yang kita kuasai maka semakin baik dan semakin kompetitif dalam pasaran kerja.
Kursus Bahasa Perancis
Kursus Bahasa Jerman
Kursus Bahasa Spanyol
Kursus Bahasa Belanda
Untuk bahasa yang asing seperti bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa batak atau bahasa daerah yang lain silahkan anda cari sendiri.

Kursus Komputer
Kursus komputer juga sangat mendukung pekerjaan anda nantinya, karena semua kantor pasti mendambakan karyawan bisa komputer. Apalagi anda disamping mampu sebagai operator komputer juga mampu sebagai Programmer Komputer. Ilmu kita sebagai sarjana ekonomi akuntansi ternyata belumlah cukup jaminan untuk berkarir di bidang akuntansi, maka saran saya tidak ada salahnya kalau turut mengasah pengetahuan lain yang berguna bagi kita.

Ujian Bersertifikat Akuntan Publik (BAP) atau CPA
Bagi anda yang ingin berkarir sebagai auditor independen tentu membutuhkan pengakuan berupa Sertifikat Akuntan Publik dari Negara atau Pemerintah. Gelar BAP dapat anda capai setelah anda lulus USAP, cuma persyaratan untuk mengikutnya peserta harus sudah mempunyai nomor akuntan register negara. Peminat serius tentu tidak ada masalah untuk mengikuti USAP hanya pesan saya, harus sungguh2, karena kalau tidak anda hanya menjadi piserta penggembira saja.

Ujian Bersertifikat Konsultan Pajak (BKP)
Setelah mengikuti kursus konsultan pajak tentu anda membutuhkan pengakuan dari publik berupa ijasah atau sertifikat sebagai konsultan pajak resmi, yang mana sertifikat itu nantinya dapat dijadikan modal dasar untuk membuka usaha praktek konsultan pajak yang masih cukup menjanjikan. Membina hubungan dengan orang pajak menjadi sangat penting untuk kelancaran perjalanan karir anda. Bukan begitu ....

Ujian Bersertifikat Akuntan Manajemen atau CPMA
Akuntan Manajemen belum sepopuler Akuntan Publik atau bahkan orang belum memandang sebelah mata terhadap sepak terjang Akuntan Manajemen ini. Tugas dari seorang Akuntan Manajemen banyak sekali, diantaranya adalah memberikan pendapat profesional terhadap kinerja perusahaan dan dsbnya. Nah, disitulah kelebihannya, dimana ada keasingan disitulah ada kesempatan. Tunggu apalagi.....


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar